TAHAPAN BESERTA TIPS TES PAPS ONLINE UGM

Saya berinisiatif membagikan pengalaman tes PAPS UGM dengan sistem daring, sistem yang digunakan saat pandemi, setelah sebelumnya ditiadakan. Pada bulan Juli tes PAPS kembali di buka, dengan jadwal yang bisa di akses melalui web PAPS. Secara keseluruhan dari mulai pendaftaran sampai pelaksanaan tes, kadar dan jumlah soal sama, namun yang membedakan ialah pelaksanaan secara daring di tempat masing-masing. Perlu di ketahui, pelaksanaan tes PAPS daring dilaksanakan dua kali dalam satu bulan. Dengan jadwal satu hari dua kali tes, yaitu pagi dan siang hari. Calon peserta juga diharapkan memperhatikan kapan dimulainya waktu pembukaan pendaftaran. Banyaknya pendaftar sangat mempengaruhi ketersediaan kuota tes. Usahakan kamu mendaftar di hari pertama pada jam saat dibuka ya.

Berikut tahapan beserta tips yang dilakukan:

1. Pendaftaran 

Proses pendaftaran PAPS daring sama seperti pendaftaran PAPS luring, Pendaftaran di buka sekitar sepuluh hari sebelum dilaksanakannya tes. Calon peserta tes harus sudah membayar biaya tes sebesar Rp 200.000 di teller Bank BNI. Cukup dengan mengatakan ke pihak teller akan mengikuti tes PAPS UGM, kita akan diminta menyerahkan uang dan akan diberikan slip bukti pembayaran. Di slip bukti pembayaran tertera password yang bisa kita gunakan saat mendaftar. Proses Pendaftaran dibuka pukul 10.00WIB di web paps.ugm.ac.id, diharapkan calon peserta sudah melakukan pembayaran sebelum pendaftaran di buka. Sebelum pukul 10.00 WIB peserta sudah bersiap di laman paps, juga menyiapkan kartu identitas diri, karena berkaca dari pengalaman saya, dalam hitungan menit kuota pendaftaran sudah penuh. Pada akhirnya saya berhasil terdaftar di sesi dua, yaitu siang hari. Padahal saya selesai mengisi data pada pukul 10.15, bisa dibayangkan dalam waktu 15 menit kuota sesi pertama sudah penuh. Setelah berhasil mendaftar, peserta akan mendapatkan informasi kapan dapat mencetak bukti pendaftaran.

2. Persiapan Tes

Jika biasanya peserta akan duduk manis di tempat tes, berbeda saat daring. Peserta harus menyiapkan perangkat tes sebelum pelaksanaan tes berlangsung. Ada beberapa instruksi yang harus peserta lakukan. Diantaranya pengecekan persyaratan tes seperti laptop/komputer yang telah memenuhi standar windows, memory laptop, audio dan vidio webcam laptop yang berfungsi dengan baik dan lainnya. Peserta akan diminta menginstal aplikasi tes dan zoom dari UGM langsung. Perlu diperhatikan aplikasi zoom yang digunakan juga harus zoom bawaan dari aplikasi exam, bukan zoom yang biasa digunakan, karena jika tidak maka peserta tidak akan dapat terhubung otomatis saat pelaksanaan tes. 

Jika mengalami kesulitan saat penginstalan aplikasi dan pengaturan mode laptop/komputer, seperti pengaturan waktu, zona lokasi, penonaktifan anti virus, serta penonaktifan mode update perangkat, diharapkan meminta bantuan kepada ahli atau melihat penduan yang akan dikirimkan panitia. Peserta akan diminta mengisi cek list persiapan yang akan dikirim melalui email dan memiliki satu kesempatan untuk melakukann simulasi pengerjaan soal agar memiliki gambaran saat tes daring dilaksanakan. Linknya akan diberikan melalui email juga.

Sebelum melaksanakan Tes, peserta diharapkan sudah membaca panduan dan tata tertib yang berlaku, mengingat ada beberapa hal yang riskan terjadi saat tes berbasis daring. Seperti hilangnya jaringan secara tiba-tiba yang juga saya alami. Hal yang perlu dilakukan tetap tenang, dan cek hp, Panitia akan menghubungi peserta yang kelur zoom secara tiba-tiba saat tes. Ikuti arahan panitia sambil mengoneksikan kembali. Jika masih ada sisa waktu, maka peserta biasanya dapat meneruskan tes, atau peserta akan mendapaatkan kebijakan tersendiri dari panitia. Maka pastika jaringan wifi tersambung dengan baik. Peserta juga dapat menginstal aplikasi di dua laptop, cadangan terjadi hal yang tidak diinginkan. Sepesrti laptop mati secara tiba-tiba, sehingga saya yang juga mengalami hal ini, menggunakan laptop yang lain yang sudah di sediakan. 

Sebelumnya peserta bisa belajar materi tes dari berbagai media, seperti buku, youtube, website atau aplikasi. Peserta juga bisa mengikuti bimbingan belajar baik luring maupun daring.

3. Hari Saat Tes

Persiapan saat hari pelaksanaan tes yaitu: 

1. Tempat yang nyaman, agar pengerjaan kondusif. 
2. Peserta akan diminta menyiapkan kursi dan meja yang langsung berlatar tembok.
3. Diharapkan menyiapkan colokan, jika saja dibutuhkan atau menghindari kehabisan batrai saat pelaksanaan tes.
4. Peserta juga diperbolehkan menyiapkan kertas HVS untuk coret-coretan jika dibutuhkan terutama saat menghitung (sesi dua).
5. peserta diharapkan menggunakan baju putih dengan kerudung cerah jika perempuan. 
6. Peserta menyiapkan identitas diri(KTP), Kartu ujian dan alat tulis(disarankan lebih dari satu). Alangkah lebih baik jika menggunakan mouse untuk mempermudah pengerjaan(Opsional sesuai kebutuhan).
7. Alangkah baiknya jika peserta menyiapkan headset atau sejenisnya, agar suara dapat diterima dengan jelas.
8. Peserta akan diminta mengikuti zoommeeting yang dilaksanakan panitia, ini bersifat wajib karena akan ada ferivikasi berkas dan pengarahan. Termasuk pengecekan ruangan oleh panitia. Saat pengaharan, peserta akan masuk ke ruang utama dengan petugas yang akan memberi arahan, lalu akan disambungkan ke ruang kelas yang terbagi menjadi lima belas peserta dengan pengawas ujian serta ahli IT di setiap ruangnya yang secara tak terlihat ikut memantau jalannya ujian.


4. Saat pelaksanaan Tes

Tes PAPS merupakan tes yang berhubungan dengan psikologi peserta. Maka dalam melaksanakan tes ini diharapkan peserta dalam keadaan prima, agar hasil yang didapat sesuai yang diharapkan. Usahakan sudah melakukan latihan sebelumnya dan mempelajari gambaran materi yang diujikan. ada sekitar 120 soal yang di teskan, terbagi menjadi tiga sesi.

Peserta akan diberikan pengarahan oleh panitia sebelum melaksanakan tes. Sesi pertama yaitu tes verbal berkaitan dengan kebahasaan, sesi ke dua yaitu berkaitan dengan hitungan dan sesi ke tiga berkaitan dengan logika penalaran. Tes PAPS tak jauh berbeda dengan tes TPA Bappenas, namun pada tes PAPS ada beberapa bentuk soal yang tak ada di tes TPA Bappenas. Jadi tetap persiapkan dengan baik ya. Jumlah dan kadar Soal PAPS daring sama seperti saat tes TPA luring. 

FYI, Waktu pengerjaan tertera di laman monitor masing-masing peserta. Bagi peserta yang sudah selesai mengerjakan soalnya diperbolehkan melanjutkan ke sesi berikutnya jika pengawas ruang zoom sudah memberikan nomor token atau password untuk sesi selanjutnya. Jika belum, dan masih tersisa waktu maka gunakan waktu tersebut untuk mengecek kembali jawaban-jawaban. Tak ada pengurangan nilai saat mengisi jawaban, itu artinya jika ada soal yang tak bisa dikerjakan, usahakan untuk tetap menjawabnya.

Setelah selesai melaksanakan tes, peserta diminta menunggu teman satu ruang zoom untuk melakukan pengecekan akhir. Berupa presensi dan penyobekan kertas coret-coretan yang kita gunakan saat tes. Setelah selesai, peserta baru akan diperbolehkan meninggalkan zoom meeting.

Bagi teman-teman yang ingin membaca panduan pelaksanaan tes dapat di unduh melalui laman : https://upap.psikologi.ugm.ac.id/

Jangan lupa berdoa sebelum melaksanakan tes. Semoga sukses!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Culture Shock di Thailand

Sinopsis Film Blacklist (Thailand)

Culture Shock Pendidikan di Thailand