SINOPSIS FILM SLUMDOG MILLIONAIRE (2008)

Slumdog Millionire, merupakan film dari negara India yang rilis pada tahun 2008, mendapat banyak penghargaan diantaranya 8 piala Oscar, BAFTA Awards dan Golden Global Awards. Menceritakan tentang seorang anak miskin Jamal Malik yang hidup di lingkungan kumuh kota Mumbai dan menjadi orang kaya berkat memenangkan kuis who want to be a millionaire versi India. jamal berhasil menjawab seluruh pertanyaan dengan benar. 

Jamal yang merupakan seorang pelayan biasa, dicurigai berbuat curang dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis yang dilontarkan.  Ia pun membela diri dengan menceritakan kisah perjalanan hidupnya yang melatar belakangi semua pengetahuannya dalam menjawab setiap pertanyaan. Bagaimana Seorang Jamal kecil bertahan hidup bersama saudaranya Salim, juga bagaimana perjuangannya terhadap gadis pujaannya Latika.

Film ini menggambarkan banyak realitas sosial yang terjadi di India, kemiskinan, kekerasan dan kawasan padat penduduk nan kumuh. Digambarkan juga bagaimana pendidikan di kawasan kumuh tersebut yang penuh sesak oleh siswa dan penyerangan atas dasar agama yang tak pandang bulu untuk  menghabisinya. 

Film yang dengan sederhana menggambarkan bagaimana keinginan mengalahkan segalanya yang di tampilkan oleh Jamal, dimana ia dikunci saat sedang membuang hajat. Jamal yang ingin bertemu idolanya dan meminta tanda tangan terpaksa harus menceburkan diri di kubangan hajat, ia pun berhasil menemui idolanya dengan badan bau nan kotor.

Begitupula perjuangan Jamal, Salim serta Latika saat mereka lari dari penyerangan, namun mereka terperangkap oleh komplotan perbudakan, dimana Jamal terpisah dengan Latika dan berjuang untuk membebaskan Latika kembali. 

Hal yang menarik dari film ini ialah saat Jamal kembali menggali memori lamanya, kisah perjalanan hidup yang sungguh sangat menyeramkan dan sulit dilupakan baginya. Maka rasa trauma yang dibangkitkan kembali membuatnya gugup dalam menjawab setiap soal yang diajukan, namun ia berhasil memenangkannya. Di akhir film Jamal kembali dipertemukan dengan Latika yang bersuka cita atas kemenangannya, sedang Salim harus meregang nyawa dengan peluru yang bersarang di tubuhnya.













 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Culture Shock di Thailand

Sinopsis Film Blacklist (Thailand)

Culture Shock Pendidikan di Thailand